'/> Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013

Info Populer 2022

Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013

Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013
Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013
Pengembangan kurikulum didasarkan pada prinsip-prinsip diberikut ini.
  1. Kurikulum bukan hanya merupakan sekumpulan daftar mata pelajaran alasannya yakni mata pelajaran hanya merupakan sumber bahan pembelajaran untuk mencapai kompetensi. 
  2. Kurikulum didasarkan pada baku kompetensi lulusan yang ditetapkan untuk satu satuan pendidikan, jenjang pendidikan, dan agenda pendidikan. Sesuai dengan kudang keringjakan pemerintah mengenai Wajib Belajar 12 Tahun maka Standar Kompetensi Lulusan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum yakni kemampuan yang harus dimiliki akseptor didik sehabis mengikuti proses pendidikan selama 12 tahun. 
  3. Kurikulum didasarkan pada model kurikulum berbasis kompetensi. Model kurikulum berbasis kompetensi ditandai oleh pengembangan kompetensi berupa sikap, pengetahuan, keterampilan berpikir, dan keterampilan psikomotorik yang dikemas dalam banyak sekali mata pelajaran. 
  4. Kurikulum didasarkan atas prinsip bahwa setiap sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dirumuskan dalam kurikulum berbentuk Kompetensi Dasar sanggup dipelajari dan dikuasai setiap akseptor didik (mastery learning) sesuai dengan kaidah kurikulum berbasis kompetensi. 
  5. Kurikulum dikembangkan dengan memdiberikan kesempatan kepada akseptor didik untuk berbagi perbedaan dalam kemampuan dan minat. 
  6. Kurikulum berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan akseptor didik dan lingkungannya. Kurikulum dikembangkan menurut prinsip bahwa akseptor didik berada pada posisi sentral dan aktif dalam belajar. 
  7. Kurikulum harus tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, dan seni. 
  8. Kurikulum harus relevan dengan kebutuhan kehidupan. 
  9. Kurikulum harus diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan akseptor didik yang berlangsung sepanjang hayat. 
  10. Kurikulum didasarkan kepada kepentingan nasional dan kepentingan daerah. 
  11. Peskoran hasil mencar ilmu ditujukan untuk mengetahui dan memperbaiki pencapaian kompetensi.

Instrumen peskoran hasil mencar ilmu yakni alat untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki setiap akseptor didik atau sekelompok akseptor didik. Kekurangan tersebut harus segera diikuti dengan proses memperbaiki kekurangan dalam aspek hasil mencar ilmu yang dimiliki seorang atau sekelompok akseptor didik.

Sumber:
TIM. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs : Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Advertisement

Iklan Sidebar