Ruang lingkup materimatematika meliputi pengetahuan, keterampilan, perilaku dan skor yang dirumuskan dalam kompetensi dasar matematika SMP/MTs yang harus dimiliki penerima didik.
Kompetensi dasar matematika di SMP/MTs merupakan kelanjutan dari kompetensi dasar matematika yang dipelajari penerima didik di SD/MI. Selain itu metematika di SMP/MTs juga merupakan prasyarat untuk mencar ilmu matematika ludang kecepeh lanjut di SMA/MA dan SMK/MAK serta berkhasiat dalam memecahkan problem dalam kehidupan sehari-hari.
Muatan Matematika pada SMP/MTs/SMPLB/PAKET B yang dimuat dalam Standar Isi pada
Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013adalah sebagai diberikut.
| Tingkat Kompetensi | Tingkat Kelas | Kompetensi | Ruang Lingkup Materi | | |
| 4 | VII-VIII | - Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, cermat dan teliti, bertanggungjawaban, responsif, dn tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah - Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika - Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar - Memiliki sikap terbuka, santun, objektif dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari - Memiliki kemampuan mengkomunikasikan gagasan matematika dengan jelas - Mengidentifikasi pola dan menggunakannya untuk menduga perumuman/aturan umum dan memberikan prediksi - Memahami konsep bilangan rasional dilengkapi operasi dan urutan - Mengenal bentuk aljabar sederhana (linear, kuadrat) - Memanfaatkan interpretasi geometri, fungsi kuadrat dalam menyelesaikan persamaan - Memahami konsep himpunan dan operasinya serta fungsi dan menyajikan (diagram, tabel, grafik) - Memahami bangun datar berdasarkan sifat-sifat atau fitur-fitur (banyak sisi, keteraturan, ukuran), dan transformasi yang menghubungkannya - Memberi estimasi penyelesaian masalah dan membandingkannya dengan hasil perhitungan - Menjelaskan dan memvisualisasikan pecahan yang ekuivalen - Membandingkan, memberi interpretasi berbagai metoda penyajian data - Memahami konsep peluang empirik - Menggunakan simbol dalam pemodelan, mengidentifikasi informasi, menggunakan strategi lain bila tidak berhasil | - Bilangan Rasional - Aljabar (pengenalan) - Geometri (termasuk transformasi) - Statistika dan peluang - Himpunan | |
Tingkat Kompetensi | Tingkat Kelas | Kompetensi | Ruang Lingkup Materi |
4a | IX | - Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, cermat dan teliti, bertanggungjawaban, responsif, dn tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah - Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika - Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar - Memiliki sikap terbuka, santun, objektif dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari - Memiliki kemampuan mengkomunikasikan gagasan matematika dengan jelas - Mengidentifikasi kecenderungan dan menyajikannya dalam aturan bilangan (barisan dan deret) atau relasi lainnya - Memahami operasi pangkat, akar, bilangan dan kaitannya dengan konsep aturan - Mengenal berbagai manipulasi/transformasi aljabar (mengkuadratkan dan memfaktorkan) dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah seperti persamaan dan pertidaksamaan - Menggunakan konsep diskriminan dalam mengidentifikasi eksistensi solusi dan interpretasi geometrisnya - Mengelompokkan bangun datar menurut kesebangunan dan/atau kekongruenan - Memberi estimasi dengan menggunakan perhitungan mental dan sifat-sifat aljabar - Visualisasi dan deskripsi proporsi persentase, rasio dan laju - Membandingkan, memberi interpretasi berbagai metoda penyajian termasuk penyajian data yang disertai statistik deskriptif - Memahami konsep peluang empirik dan teoritik - Menggunakan simbol dalam pemodelan, mengiden- tifikasi informasi, memilih strategi yang paling efektif | - Aljabar - Geometri (termasuk bangun tidak beraturan) - Statistika danPeluang (termasuk metode statistik sederhana) |
*Tingkat Kompetensi merupakan kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh penerima didik pada setiap tingkat kelas dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.
Advertisement