1.1. Materi
Tidak ada multimedia interaktif tanpa GUI. GUI merupakan suatu komponen penting di dalam aplikasi komputer modern. GUI merupakan suatu mediator atau antar muka (interface) berbentuk grafis antara pengguna dengan komputer. GUI selain berfungsi untuk mememperringan dan sepelekan pengguna knorma dan akhlak memakai aplikasi juga berfungsi untuk menambah evaluasi estnorma dan akhlak suatu aplikasi. Hampir tiruana aplikasi komputer modern berbasis window[1] selalu memanfaatkan GUI. Aplikasi multimedia pembelajaran yang banyak menyertakan interaktivitas tentu saja banyak memakai GUI.
GUI mempunyai banyak komponen seperti: button, radio button, check button, combo box, menu, tabbed panel, tree, dan sebagainya. Komponen-komponen ini sering disebut juga sebagai widget[2]. Sekarang mari kita lihat komponen-komponen tersebut memberikankut fungsinya ( tabel 1).
No | Nama widget | Tampilan | Fungsi |
1 | Button | | Menjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya memberikansi kata perintah (kata kerja) menyerupai “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb |
2 | Radio Button | | Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau ludang kecepeh pilihan. Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan ludang kecepeh dari 4 maka combo box merupakan widget yang ludang kecepeh sempurna digunakan. |
3 | Check Button | | Memilih satu atau ludang kecepeh diantara banyak pilihan (terdiri dari 2 atau ludang kecepeh pilihan). Pemanfaatan check button memungkinkan untuk menentukan tiruana pilihan. |
4 | Combo Box | Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien jikalau dimemberikankan dalam bentuk radio button. | |
5 | Menu | | Isi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan santunan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga ludang kecepeh efisien jikalau ditampilkan dengan santunan menu. Umumnya letak hidangan ada pada belahan kiri atas dari suatu tampilan. |
6 | Toolbar | | Toolbar bahwasanya berfungsi sebagai petidak ada yang kurang dari menu. Isi dari suatu hidangan mungkin saja banyak akan tetapi tidak tiruananya diharapkan setiap dikala oleh pengguna. Untuk mememperringan dan sepelekan pengguna mengakses menu-menu yang sering dipakai maka disediakan suatu toolbar yang umumnya mempunyai suatu simbol yang melambangkan fungsi dari hidangan yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor. |
7 | Tabbed Panel | | Adakalanya suatu hidangan mempunyai sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut ialah dengan santunan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel sebab untuk mengaksesnya sanggup dipakai tombol TAB |
8 | Tree | | Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak sanggup ditampilkan oleh hidangan dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini ialah dengan santunan tree. Ensiklopedia ialah salah satu acara yang banyak memanfaatkan tree. |
Tabel 1. Berbagai widget dan fungsinya
1.2. Kegiatan
Ajak akseptor pembinaan untuk :
- Berdiskusi mengenai tugas GUI di dalam kememperringan dan sepelean memakai suatu aplikasi.
- Memmemberikankan banyak sekali pola implementasi GUI yang sempurna dan tidak sempurna di dalam suatu aplikasi komputer.
- Berdiskusi mengenai pentingnya suatu GUI di dalam memberikan bahan pembelajaran
Advertisement