( RPP )
SD/MI : SD,Negeri 26 Pemangkat
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Menghafal QS Al Kausar dengan lancar
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit ( 5 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa sanggup melafalkan surah Al Kausar dengan benar
2. Siswa sanggup menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
3. Siswa sanggup membiasakan membaca surah Al Kausar
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung tanggapan ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Surah Al Kausar .
Metode Pembelajaran :
1. Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa mehafalkan surah Al Kausar secara berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca surah Al Kausar dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Penlampauan
v Apersepsi : menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar dan isi kandungannya serta keistimewaannya
v Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari diberikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:
v Siswa menghafal surah Al Kausar
& Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:
v Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
v Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Kausar secara kelompok dan individu
v Siswa yang telah menguasai materi hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
Dalam acara konfirmasi, guru:
v Guru bertanya tanggapan perihal hal-hal yang belum diketahui siswa
v Guru bersama siswa bertanya tanggapan meluruskan kesalahan pemahaman, memdiberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam acara penutup, guru:
v Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
v Guru memdiberi kiprah siswa untuk menulis lafal surah Al Kausar dalam buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al Kausar pada karton atau papan tulis
2. Quran (Juz Amma)
3. Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Quran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Peskoran:
Indikator Pencapaian Target | Peskoran | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Melafalkan Surah Al Kausar Ø Menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar Ø Membiasakan membaca Surah Al Kausar | Tes lisan Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Hafalan Hafalan | 1. Lafalkan Surah Al Kausar! 2. Hafalkan Surah Al Kausar! 3. Amalkan Surah Al Kausar secara rutin! |
Format Kriteria Peskoran
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * tiruana benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * tiruana salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang kala kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang kala aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Peskoran
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1 | SHALSABILLA | |||||
2 | PRIYO SUCIPTO | |||||
3 | WALY AHMAD HAYKAL | |||||
4 | KEISYA NURULITA | |||||
5 | NURCHOLIS TRISTAN DEFRIANTO | |||||
6 | VICO FERDINAND | |||||
7 | M.RYANDI ILFANSURI | |||||
8 | DENIS JUSRAN | |||||
9 | MUHAMMAD FATHIR | |||||
10 | NUR AMEISY | |||||
11 | MUHAMMAD ALIEF | |||||
12 | SYARIFAH ZENI | |||||
13 | AZRIEL ALFA ANANTA | |||||
14 | MUHAMMAD AZRILSYAH | |||||
15 | IRGI MUHAMMAD RIZKY | |||||
16 | EZA AUDIVA | |||||
17 | PUTRI FRIDINA ALMAVIRA | |||||
18 | Much. Reevalizza Akhbar | |||||
19 | HERDIANA RATU ISA | |||||
20 | Wan Asadel Hakim Ramadhan | |||||
21 | ABID MUSYAFA' | |||||
22 | RACHMA FITRYANA | |||||
23 | DIKHA RAMADHAN | |||||
24 | RAFI TAUFIQ SINAGA | |||||
25 | REYHAN SAVERNO | |||||
26 | CLARISTA HONISTI OKTASIA | |||||
27 | IMAM ALFATHIR | |||||
28 | SALSA SHAFA YUMNA | |||||
29 | KRIEA MADANI | |||||
30 | SHMILY ISHARDI | |||||
JUMLAH | ||||||
RATA - RATA |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor terbaik ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat skor sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, PLH Kepala SDN 26 Pemangkat SYAHRIAN, S.Pd.SD NIP. 19561009 197910 1 002 | Pemangkat, 05 Agustus 2015 Guru Pendidikan Agama Islam RUSLAN.S, S.Pd.I NIP . 19680707 198905 1 001 |
Advertisement