RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : SD,Negeri 26 Pemangkat
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancar
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit ( 4 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa sanggup melafalkan surah An Nasr dengan benar
2. Siswa sanggup menghafalkan surah An Nasr dengan lancar dan benar
3. Siswa sanggup membiasakan membaca surah An Nasr
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung tpendapat ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Surah An Nasr
Metode Pembelajaran :
1. Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa mehafalkan surah An Nasr secara berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca surah An Nasr dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Penberlalu dan silaman
v Apersepsi : menghafalkan surah An Nasr dan isi kandungannya serta keistimewaannya
v Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari memberikankut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:
v Siswa menghafal surah An Nasr
& Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:
v Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
v Siswa mengulang-ulang lafal surah An Nasr secara kelompok dan individu
v Siswa yang telah menguasai materi hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
Dalam acara konfirmasi, guru:
v Guru bertanya tpendapat perihal hal-hal yang belum diketahui siswa
v Guru bersama siswa bertanya tpendapat meluruskan kesalahan pemahaman, memmemberikankan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam acara penutup, guru:
v Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
v Guru memmemberikan kiprah siswa untuk menulis lafal surah An Nasr di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah An Nasr pada karton atau papan tulis
2. Quran (Juz Amma)
3. Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Quran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Pepenilaianan:
Indikator Pencapaian Target | Pepenilaianan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Melafalkan Surah An Nasr Ø Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar Ø Membiasakan membaca Surah An Nasr | Tes lisan Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Hafalan Hafalan | 1. Lafalkan Surah An Nasr 2. Hafalkan Surah An Nasr 3. Amalkan Surah An Nasr secara rutin! |
Format Kriteria Pepenilaianan
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * tiruana benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * tiruana salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * adakala kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * adakala aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
. Lembar Pepenilaianan
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1 | SHALSABILLA | | | | | |
2 | PRIYO SUCIPTO | | | | | |
3 | WALY AHMAD HAYKAL | | | | | |
4 | KEISYA NURULITA | | | | | |
5 | NURCHOLIS TRISTAN DEFRIANTO | | | | | |
6 | VICO FERDINAND | | | | | |
7 | M.RYANDI ILFANSURI | | | | | |
8 | DENIS JUSRAN | | | | | |
9 | MUHAMMAD FATHIR | | | | | |
10 | NUR AMEISY | | | | | |
11 | MUHAMMAD ALIEF | | | | | |
12 | SYARIFAH ZENI | | | | | |
13 | AZRIEL ALFA ANANTA | | | | | |
14 | MUHAMMAD AZRILSYAH | | | | | |
15 | IRGI MUHAMMAD RIZKY | | | | | |
16 | EZA AUDIVA | | | | | |
17 | PUTRI FRIDINA ALMAVIRA | | | | | |
18 | Much. Reevalizza Akhbar | | | | | |
19 | HERDIANA RATU ISA | | | | | |
20 | Wan Asadel Hakim Ramadhan | | | | | |
21 | ABID MUSYAFA' | | | | | |
22 | RACHMA FITRYANA | | | | | |
23 | DIKHA RAMADHAN | | | | | |
24 | RAFI TAUFIQ SINAGA | | | | | |
25 | REYHAN SAVERNO | | | | | |
26 | CLARISTA HONISTI OKTASIA | | | | | |
27 | IMAM ALFATHIR | | | | | |
28 | SALSA SHAFA YUMNA | | | | | |
29 | KRIEA MADANI | | | | | |
30 | SHMILY ISHARDI | | | | | |
| JUMLAH | | | | | |
| RATA - RATA | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor paling cantik ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat evaluasi sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, PLH Kepala SDN 26 Pemangkat SYAHRIAN, S.Pd.SD NIP. 19561009 197910 1 002 | | Pemangkat, 05 Agustus 2015 Guru Pendidikan Agama Islam RUSLAN.S, S.Pd.I NIP . 19680707 198905 1 001 |
Advertisement